PEMBERIAN REWARD KEPADA PEGAWAI BERPRESTASI DALAM APEL PAGI
Senin, 11 November 2024 – Bertempat di halaman Pengadilan Agama Bondowoso, seluruh aparatur Pengadilan Agama Bondowoso mengikuti apel pagi yang rutin dilakukan setiap hari Senin. Apel pagi diawali dengan pembacaan 8 nilai utama Mahkahmah Agung, yaitu: Kemandirian, Integritas, Kejujuran, Akuntabilitas, Responsiblitas, Keterbukaan, Ketidakberpihakan, Perlakuan yang sama di hadapan Hukum. Setelah pembacaan 8 nilai utama Mahkamah Agung, dilanjutkan pembacaan 10 budaya malu yang diikuti oleh seluruh peserta apel.
Tidak seperti apel sebelumnya, pada apel kesempatan ini mengikuti format baris yang baru. Format tersebut berdasarkan instruksi Dirjen Badilag dengan nomor 3218/DJA/HM.00/XI/2024 perihal Penguatan Integritas Aparatur Pengadilan di Lingkungan Peradilan Agama melalui Apel. Pelaksanaan apel dengan format baru tersebut telah diterapkan di Pengadilan Agama Bondowoso sejak Jumat pada 8 November yang lalu. Pembina apel pada kesempatan kali ini ialah A. Mahfudin, S.Ag., M.H., yang merupakan Ketua Pengadilan Agama Bondowoso. Dalam amanatnya beliau menyambut baik kedatangan dari Panitera, Hakim, serta Panitera Muda Gugatan yang baru di Pengadilan Agama Bondowoso serta mengharapkan untuk saling bersinergi satu sama lain. Sehingga, tercapainya kinerja yang efektif dan efisien.
Usai Ketua Pengadilan Agama Bondowoso selesai menyampaikan amanatnya, kegiatan apel dilanjutkan dengan pemberian reward kepada pegawai berprestrasi. Sebelumnya, Pengadilan Agama Bondowoso mengalami penurunan angka pelayanan Gugatan Mandiri pada triwulan II, kemudian pada triwulan III terdapat peningkatan yang signifikan pada pelayanan Gugatan Mandiri. Adanya peningkatan angka tersebut dikoordinatori oleh Lilik Agustini, A.Md.A.B.
Apel diakhiri dengan menyanyikan lagu mars Pengadilan Agama Bondowoso dan berdoa bersama. Tujuan dilaksanakannya apel sebagai upaya penegakkan disiplin bagi aparatur di lingkungan Pengadilan Agama Bondowoso. Selain itu apel pagi juga bermanfaat sebagai media yang positif untuk membangun dan mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas kinerja yang lebih baik dalam melayani masyarakat melalui disiplin dalam penyelesaian pekerjaan dan target-target yang menjadi tanggung jawabnya.